Kamis, 05 April 2012

Belajar CodeIgniter (CI)

Setelah kemaren mendapat tugas membuat database untuk VM, ternyata benar database yg aku buat kemaren masih banyak kesalaha. Seerti salah penamaan, salah meletakkan id, salah merelasikan dll. Dan database tersebut masih membutuhkan banyak sekali perbaikan. Lepas dari database, tadi pagi pembimbing KKI ku mengajari CodeIgniter. Yg sempat aku bahas kemaren, yaitu sebuah framework untuk php. Sebenernya belum begitu mengerti sih tapi setelah di ajari, aku udah sedikit mengerti. Dan ternyata jika dibandingkan dengan kita meng-Coding secara manual lebih enak menggunakan CI. Ada beberapa keuntungan yg bisa didapat, diantaranya kita bisa menghemat waktu pengerjaan suatu program, lebih mudah dimengerti, coding terkadang tidak terlalu banyak, dll. 

Ada beberapa hal yg aku pelajari dan udah aku praktekkan tadi pagi yaitu, membuat compiller, dan views serta mengedit isi dari models, autoload dan juga database. Yang dibutuhkan dalam belajar CI yaitu : Adobe Dreamweaver CS5, xampp 1.7.3, dan juga yg pasti Navicat v.10.0.0.x untuk menghubungkan ke database.

Dibawah ini ada beberapa tampilan sederhana yg sudah aku buat. Seperti Gambar 1 adalah gambar dari tampilan tampilan awal dari menu user.

Gambar 1. Tampilan Menu User

 Disini ada 2 link yaitu daftar dan login. Disini anda bisa memilih salah satu dari link tersebut. Jika link daftar di klik maka halaman register bisa di lihat. Tampilan halaman register bisa dilihat di Gambar 2.

Gambar 2. Tampilan Halaman Register
 
 
Pada Gambar 2 tersebut user harus mengisi semua data, jika tidak di idi maka akan keluar pesan error, seperti tulisan merah yg ada di Gambar 2. Jika pengisian berhasil maka data akan masuk ke database dan akan muncul pesan succes.

 Sekian beberapa pelajaran yg aku dapet. Oh iya jika program tidak jalan di localhost jangan lupa untuk menghidupkan short (short_open_tag = Off --- >>> short_open_tag = On). Untuk mendownload coding dari gambar-gambar di atas bisa klik di sini Download. Terima kasih telah membaca blog ku, mohon sarannya, :))

0 komentar:

Posting Komentar